Home > Otomotif > Review Gear Daytona dan Rantai SSS di suzuki Satria FU150

Review Gear Daytona dan Rantai SSS di suzuki Satria FU150

Sejak pertama membeli Suzuki  Satria FU150 yaitu pada Bulan Oktober 2011 sampai dengan sekarang yaitu tepatnya bulan Juli 2013, motor pun telah menempuh jarak ± 29.500 KM, rantai motor Suzuki Satria FU150 bawaan pabrik pun sudah mulai kendur dan tidak bisa dikencangkan kembali serta sudah tidak nyaman untuk digunakan berkendara. Untuk itu, saya pun akhirnya mencari part-part penggantinya mulai dari Gear Belakang, Gear Depan dan Rantai untuk mengganti part bawaan pabrik yang sudah kendur dan tidak nyaman digunakan itu.

Penampakan Satria FU-150 Sebelum Ganti Gear

Penampakan Satria FU-150 Sebelum Ganti Gear

Untuk gear standart bawaan pabrik Satria FU150 menggunakan rantai ukuran 428-14/43 (Gear Depan/Gear Belakang), dan rantainya 120 mata. Karena motor Satria FU150 saya masih standart, jadi beli ukuran gear pun yang standart pula. Kecuali motor sudah di tune-up sehingga tenaga makin besar, boleh-boleh saja untuk custom ukuran gear motor, tp ingat pilih-pilih dulu jumlah mata gear dan hitung perbandinganya apakah cocok dengan kriteria motor anda saat itu. Jika tidak, percuma saja ganti gearsetnya. Salah mengganti motor anda bisa kurang lincah untuk tarikan bawah nanti. Jadi hati-hati untuk memilih ukuran gear yaa teman.

Setelah searching, mengamati dan mempelajari mengenai sprocket gear yang ada di pasaran saat ini melalui om google, akhirnya saya pun menjatuhkan pilihan pada brand SSS untuk mengganti gearset bawaan pabrik suzuki. Kebetulan saya mencarinya pada saat itu di Bandung, yaitu di Jl. Pungkur (Mungkin untuk yang tinggal di kota Bandung udah pada tau dimana itu Jalan Pungkur).

Setelah mencari dari ujung ke ujung di bengkel-bengkel accessories yang berada di jalan pungkur, kota Bandung. Saya pun tidak menemukan gearset lengkap merk SSS untuk Satria FU150. Gear yang saya cari sih ukuran bawaan pabriknya yaitu ukuran 428-14/43, 120 mata. Ternyata susahnya bukan main, mungkin karena stoknya sudah habis pada saat itu jadi gear belakang yang saya cari semua toko tidak punya stoknya. Yang ada hanya rantai dan gear depan saja.

Ketika mampir ke toko motor accessories Daytona, disana saya baru menemukan part-part lengkap (khusus brand Daytona), disana part-part racing begitu lengkap, hampir semua yang kita butuhkan untuk motor kita ada disana. Mulai dari gear, rantai, shockbereker, filter karbu, handle rem dll. Untuk gear belakang pun saya menemukan dengan mudah disana, kebetulan ada dua pilihan gear belakang, yaitu gear baja dan aluminium. Untuk gear yang baja saya kurang suka desainnya, dan warnanya pun kurang menarik. Akhirnya saya memilih gear belakang Daytona Aluminium Gold dengan materialnya yang terbuat dari Duralium. Maksudnya duralium disini yaitu materialnya 1,5 kali lebih kuat dari aluminium biasa. Bahan ini biasa digunakan untuk rangka-rangka pesawat terbang (ujar pemilik toko accessories Daytona).

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli gear belakang Daytona ukuran 428-43T Gold Duralium tersebut, harganya lumayan mahal menurut saya untuk sebuah gear Rp 300.000,-. Setelah membeli gear belakang, lalu saya mampir ke toko sebelah dan membeli gear depan dan rantai merk SSS, disana yang kebtulan ada stoknya. Harga part yang saya beli, berikut rincianya:

  • Gear Belakang Daytona Duralium 428-43T –> Rp 300.000,-
  • Gear Depan SSS 428-14T –> Rp 44.000,-
  • Rantai SSS Gold HSBT 428-120 mata –> Rp 155.000,-
  • Ongkos pasang gearset –> Rp 25.000,-

Oia, kenapa saya tidak sekalian saja membeli rantai dan gear depan merk Daytona juga? (Pasti kalian berfikira begitu kan?hehe). Sebetulnya sih saya pengen saja semua part gear dan rantai diganti dengan satu merek, tp dikarenakan budget yang dibawa kurang dari cukup, maka saya cuma membeli gear belakangnya saja, sekedar info saja harga rantai Daytona ukuran 428 HSBT-120 mata harganya Rp 300.000 (harga yang sama dengan gear belakang), untuk gear depannya saya lupa harganya berapa, mungkin sekitaran Rp 80.000 – 120.000,-

Berikut penampakan untuk gearset yang akan dipasangkan ke Satria F150.

Gear Daytona Gold Duralium

Gear Daytona Gold Duralium Ukuran 428-43T

Setelah berhasil mendapatkan gearset lengkap, akhirnya gearset tersebut mulai dipasangkan ke motor Satria FU150 saya, ketika pertama kali dibuka dan woow sekali melihat penampakan motor saya yang sudah hampir 2 tahun digunakan dan tidak pernah dibuka dan dibersihkan, sangat kotor sekali dan banyak tanah menempel di dalam box penutup gear depan.

Gearbox Depan Satria FU150

Gearbox Depan Satria FU150

Bisa dilihat pada gambar, banyak sekali tanah menumpuk didalam gear box depan, dan akhirnya oleh mekanik bengkel pun dibersihkan, mau tidak mau supaya cepat hilang kotoran yang menempel, dibersihkannya menggunakan bensin. Setelah gear box depan bersih dari kotoran akhirnya gearset pun mulai dipasangkan. Dan beginilah hasilnya setelah dipasangkan di motor Satria FU150 saya.

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Gear Daytona Gold Duralium dan Rantai SSS yang telah terpasang

Penampakan tampak Samping kanan

Penampakan tampak Samping kanan

Setelah terpasang ternyata motor menjadi lebih enak untuk dipandang yaa. Mungkin karena warna dari gear dan rantainya sangat mencolok untuk dilihat menurut saya, jadi terkadang suka menjadi pusat perhatian juga ketika sedang berkendara dijalan raya.hehehe

Untuk kenyamanan saat digunakan, sepasang Gear dan Rantai ini sangat nyaman untuk perpindahan gigi bawah maupun atas, dan tidak hanya itu, tarikan motor pun menjadi lebih enteng ketika digunakan, mungkin juga dikarenakan Gear Belakang Daytona Gold Duralium ini sangat ringan sekali dibanding gear bawaan pabrik. Mungkin kalo ditimbang beratnya hanya sekitar 0.45 Kg – 0.5 Kg menurut saya.

Bagi teman-teman yang akan mengganti gearset bawaan pabrik dengan produk aftermarket, dan bingung mencari berbagai merk yang  ada dipasaran, untuk merk Daytona dan SSS sangat recomended menurut saya, apalagi kalau 1 set part yang digunakan 1 brand.

Mungkin segitu saja review singkat dari saya mengenai sprocket gear yang baru saja saya gunakan sebagai penunggang Suzuki Satria FU150 yang baru ± 2 tahun. Mungkin jika teman-teman ada rekomendasi gearset merk-merk yang recomended, kita bisa saling sharing untuk agar performance motor kita makin yahut.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca review singkat ini yaa sob ^_^.

Lain kali jika saya ganti part dimotor saya, akan saya share juga di blog ini. Tunggu saja update postingan dari saya. CMIIW

Categories: Otomotif Tags: , , , ,
  1. July 29, 2013 at 3:45 pm

    Oke gan,salam kenal
    http://www.lintasmotor.com

  2. Dr. Die
    August 6, 2013 at 7:55 am

    Masuk Shopping chart saya bulan dpan tuh, hehe
    Btw udh lama saya mau mampir ke toko DAYTONA tiap melintas ngangkot ke Bandung, cuma apalah daya, tiap k bandung mlh lupa ga punya duit, wkwkwk…

    Nice Review kang

    . _
    I )
    / I
    /__’,_
    /( __ _)\
    I ( __ _ ))
    I ( __ _) )
    \(___ _)/

    • August 12, 2013 at 5:12 am

      Mampir saja ke toko Daytona disana banyak part-part bagus kok. Tp sebelumnya jgn lupa siapkan budget yg byk, krn range harganya memang lumayan mahal😀

  3. October 20, 2013 at 1:54 pm

    mas rantai full set daytona berapa ??

    • October 26, 2013 at 12:48 pm

      Rantai Daytona ukuran 428 120 mata Rp 300.000
      kalau untuk gear depan merk Daytone saya kurang tahu, mungkin harganya di kisaran Rp 80-100rb
      Jika mau beli full set merk daytona semua sediakan saja budget kurang lebih Rp 700.000

  4. Burhan
    January 8, 2014 at 11:14 pm

    .kalo rantai orisinil Satria FU ukuran standart,. Brapa ath kang ., ?

    • February 14, 2014 at 4:54 pm

      Klo utk rantai orisinil satria FU sndiri mgkin hrgnya lbh murah dari hrg2 part yg saya posting mas.

  5. fajar alkindi
    January 31, 2014 at 11:56 am

    mas masa saya tanya2 harga gear belakang gold daytona 428 43T harganya 600rb-650 ribu ? mas 300rb beli dimana?

    • February 14, 2014 at 4:53 pm

      Harga gear belakang merk Daytona pd saat itu saya beli 300rb di Bdg.

  6. fajar alkindi
    February 18, 2014 at 4:46 pm

    kalo sekarang di bandung berapa harganya? need info

  7. febry
    February 26, 2014 at 12:48 pm

    toko daytona dimana ya kang dijakarta ? tolong dong infonya pengen nih gear daytona😦

  8. Muhammad Yusuf
    February 27, 2014 at 6:13 am

    mas , klo gear sss yg belakang berapa’an mas?

    • March 2, 2014 at 4:14 pm

      Klo gear sss saya kurang tahu, mungkin bisa dibawah harga daytona sekitar 200rb

  9. March 5, 2014 at 3:05 pm

    Salam kenal kang Andrie,..gimana kelebihan & kekurangan rantai SSS..? ada yg bilang rantai SSS berisik..? benar gak..? saya rencana nya mo make gearset SSS. Dibanding Sinnob gimana..? cuma lumayan mahal euy..hehehe.
    Nuhun.

    • March 24, 2014 at 6:42 pm

      Salam kenal jg gan,
      Selama saya gunakan rantainya ga ada kendala gan, normal-normal aja kok. Berisik itu mgkin kurang diberi pelumas barangkali gan jd berisik antara gesekan gear dan rantai. Saran saya sih coba aja dulu beli satu set merk SSS semua, ga lbh dr 500rb kok gan.

  10. March 9, 2014 at 1:34 am

    kelihatan ajib gearnya

  11. March 17, 2014 at 1:54 am

    Halo bro.

    Waduh pas banget nemu artikel ini di google soalnya emang pengen ganti rantai motor. Kalo Gearset belum tau apakah perlu diganti juga. Karena saya umur motor 2 tahun kilometernya 22.000KM

    Salam aspal bro.

    • March 24, 2014 at 6:49 pm

      Wah kebetulan dong bro..hehe
      saya jg dulu umur motor udah 2 tahunan deh kira2 pas ganti gear+rantai.
      Dikira2 saja bro kalau mau ganti, jika setelan rantai sudah mentok, ga bisa dikencengin lg. Berarti itu rantai udh hrs diganti.
      Mending kalau mau gnti semua aja sekalian bro, biar nnti ga bongkar2 lg kalau ada salah satu part yg mesti diganti. biar lebih kerasa putaran rantai dan gearnya kalau semua part baru.hehe

  12. Erwin
    March 22, 2014 at 4:16 pm

    Moter ane jga satria gan,nyari2 d sini susah barangnya,sy di kaltim..kira klo minta tolong agan bliin bisa gak ya…thanks

    • March 24, 2014 at 6:54 pm

      Wah jauh jg bro di kaltim..
      coba mampir-mampir ke situs resmi Daytona aja bro http://daytona-azia.co.id/distributors/distributor_list.php
      Barangkali bisa beli online di situsnya, soalnya dulu saya beli dateng langsung ke tokonya yg di bdg. Dulu sy beli gear belakangnya aja 300rb. Kalau hrg skrg sy kurang tau berapa, soalnya blm mampir2 lg ksana.hehe

      • reza
        July 27, 2014 at 12:10 am

        Bisa order online gak mas?

  13. addy
    July 5, 2014 at 5:04 pm

    klo sss sma daytona bagusan mana bang??

    • September 3, 2014 at 11:40 am

      Klo menurut pendapat sy sendiri sih Daytona gan.
      Harga itu sebanding kok dgn kualitasnya. Soalhnya hrg Daytona beda jauh dgn SSS.

  14. September 3, 2014 at 8:12 am

    wah gan.. makasi nih ada reviewnya .. lagi cari2 pengganti rante yang sering kendor nih.. baru sebulan pake… tapi kencengin rantenya seminggu sekali heueheheue.. salam dari rookie rider FU 2014 dari Bandung juga

    • September 3, 2014 at 11:39 am

      Memangnya pake rantai & gear apa gan? Kok bs kendor gitu seminggu sekali?
      Mungkin bautnya kurang kenceng bs jadi.
      Salam kenal jg gan🙂
      makasihh udh mampir2,,

      • September 3, 2014 at 11:49 am

        Sekarang masih pake rante dan gear set standard gan

      • miki
        September 4, 2014 at 11:43 am

        emang fu rantai orsinilnya jelek, jangankan seminggu sekali, saya tiap 2 hari sekali, 1 hari jalan 40km an. sampe baud as nya udah agak botak. sekarang baru ganti sss hsbt, ntah hasilnya.

  15. jun
    November 26, 2014 at 10:18 am

    Gan kalo gear dpan/blakangnya ttp pke yg aslinya tp rantainya pke yg SSS itu bisa cocok atau bermasalah gak gan ??? Tlng infonya gan….

    • November 26, 2014 at 10:47 am

      Ngga masalah bro.
      Palinga kurang serasi aja jadinya nanti pas udah terpasang, soalnya kan kalo rantai bawaan bukan baja yg tahan karat.

  16. febby
    June 13, 2015 at 7:57 pm

    gan klo sinnob sama daytona recommend yg mna ya? kalo dari segi kualitas mgkin? sinnob diatas SSS ato dbawahnya gan? tq

    • June 20, 2015 at 3:51 am

      Kalo menurut ane sih mending Daytona gan, lebih ringan.
      Ini ane gear sama rantainya blm ganti2 dr semenjak pake dr th 2013 s.d Juni 2015 sekarang.

  17. zeth.amran@yahoo.com
    June 19, 2015 at 5:14 am

    Nambah ilmu ini bro , thanks yah . Punya saya Fu 2007 . Udah full variasi . tapi gear set aja ni yang belum emas2 bro

    • June 20, 2015 at 3:52 am

      Nah betul tuh bro, tinggal ganti gearset nya dgn yg kinclong2.hehe

  18. btk
    October 2, 2015 at 12:32 pm

    horas medan

  19. slamet riyadi
    November 23, 2015 at 1:10 am

    Ok…. mantabs….

  20. Ari
    March 17, 2016 at 12:40 pm

    Makasih ya bang buat info nya 7F2D44C2 pin saya tolong invite bang buat nanya” info satria.. Biar lincah larinya masalah gear yang cocok ukuran motor saya.. Karna udah ganti karbu, cdi , kenalpot . Sama 1 lembar paking

  21. Rizal Rap
    March 18, 2016 at 4:33 am

    Bro mau nanya, apakah gigi tarik triple s shogun bisa masuk ke satria fu?

    • April 22, 2016 at 8:50 pm

      Triple s byk ukuranya kok Om, tinggal disesuaikan aja ukuran gear nya brp sm motor shogun nya

  22. April 12, 2016 at 10:57 am

    Beli di mana om?

    • April 22, 2016 at 8:49 pm

      Dulu wkt beli di Jl. pungkur di Bdg Om🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: