Home > Curcol > Jerawat (ACNE) yang menjengkelkan.hmm

Jerawat (ACNE) yang menjengkelkan.hmm

JERAWAT (ACNE)

Malem-malem gini kok jadinya jadi pengen curhat tentang  jerawat yaa..haha :D
Mungkin bawaan diri aja kali nih yang lagi kesel sama jerawat yang muncul di muka.
Kebetulan 3 hari kemarin pas pulang dari kantor tiba-tiba mucul jerawat satu dan ngga kecil lagi tuh bentuknya jerawat alias gede banget. Maka dari itu, harus dibahas deh sepertinya biar ga membandel nih jerawat dimuka.. :D (curhat deh jadinya..)

Okey jangan pake lama deh..mari kita bahas dari tipe-tipe jerawat dulu yah dari yang biasa sampai yang luar biasa, seperti apa aja sih bentuk dan rupanya. Saking menjengkelkannya tuh jerawat.

Jerawat ada beberapa macam bentuk dan rupanya, mari kita lihat: :)

1. Komedo

Komedo adalah nama ilmiah dari pori2 yg tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yg terbuka disebut juga sebagai blackhead, terlihat  seperti pori2 yg membesar dan menghitam (yang berwarna hitam itu bukan kotoran; sebenarnya itu adalah penyumbat pori yg berubah warna krn beroksidasi dgn udara).

Komedo yg tertutup, atau whitehead, memiliki kulit yg tumbuh di atas pori2 yg tersumbat; makanya terlihat spt tonjolan putih kecil2 dibawah kulit. Jerawat jenis komedoini disebabkan oleh sel2 kulit mati dan kelenjar minyak yg berlebihan pd kulit.

Bila anda tdk meng-exfoliate (bisa dengan scrub, cuci muka dgn waslap,memakai sabun muka mengandung salicylic acid atau yg mengandung AHA/BHA, dll) kulit wajah secara berkala, sel2 kulit mati menumpuk di kulit; minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel2 kulit, terjadilah penyumbatan.

Makeup dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dapat memperparah keadaan. Berkeringat dan udara yg panas dan lembab dapat juga menyumbat pori2.

2. Jerawat Biasa

Jenis jerawat `klasik’ ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna  pink atau kemerahan. Terjadi krn pori2 yg tersumbat terinfeksi dgn  bakteri. Bakteri ini bisa yg terdapat dipermukaan kulit, bisa juga dari waslap, kuas makeup, jari tangan, juga telepon.

Stress, hormon dan udara yg lembab dpt memperbesar kemungkinan infeksi jerawat, krn menyebabkan kulit memproduksi minyak, yang merupakan tempat  berkembang-biaknya bakteri.

Jerawat yg disebabkan oleh hormon biasanya muncul di sekitar rahang dan dagu, menurut seorang ahli kulit, yang merekomendasikan pemakaian pil KB yang rendah estrogen, spt Orthotricyclen, Orthocept dan Alesse. (Untungnya, menurut penelitian ternyata coklat dan French fries tidak mempunyai pengaruh pada berbiaknya jerawat).

3. Jerawat Batu/Jerawat Jagung (Cystic Acne)

Sering disebut sebagai jerawat segede jagung. Bila anda merasa muka anda seperti pizza yg penuh topping, nah. inilah cystic-acne; jerawat yg besar, dgn tonjolan2 yg meradang hebat, berkumpul di seluruh muka (berbeda dgn jerawat biasa yang berkumpul di salah satu bag. muka).

Inilah `godfather’nya jerawat atau ‘bapaknya jerawat’,huahaha..yang paling merusak tidak hanya secara fisik, tapi juga kepercayaan diri. Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yg juga menderita jerawat jenis ini; secara genetic penderitanya memiliki
(1) kelenjar minyak yang over-aktif yg membanjiri pori2 dgn minyak,
(2) pertumbuhan sel2 kulit yg tidak normal yg tdk bisa beregenerasi secepat kulit normal dan
(3) memiliki respons yg berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Untuk mengatasinya ada banyak sekali obat jerawat yag dijualan di aptotik-aptotik di kota anda. Usut punya usut pas kemarin curhat sama temen tentang jerawat begini ceritanya: (namanya juga curcol..hadeuh…deuhh..)

A : Obat jerawat yang bagus apaan sih?
B  : Langsung jawab tanpa banyak pikir “Medi Klin”
A : Obat apaan tuh..prasaan baru denger? (sambil mikir)
Belinya dimana???
B : Yaa..obat jerawat lah..Belinya di tukang pasir..
A : deuhh…pengen becanda nih jawabnya. (alibi biar ga disalahin..haha..)
(Celetuk langsung dijawab)
B : Yaa di Apotik atuh…hmm..
A : Oke langsung berangkat yuuk ke apotik langsung beli deh. Beli yang warna ungu sekalian yang mahal..biar cepet sembuh..
B : Iya,,,iya….hayu dianter….
(Di jalan sambil ngbrol)
A : Apa sih bedanya Medi Klin orange dengan Medi Klin Ungu???
B : Ntar tanyain aja sama si mba penjualnya…
A : Hmm…

Udahan ahh capek ngetiknya dikarenakan udah mengantuk..pokonya sampai dsini aja ceritanya. Soalnya kalo dilanjutin ga akan beres deh tuh ceritain tentang obat (malah cerita tentang obat kan jadinya), bukan ceritain jerawatnya :D

Perbedaan Medi-Klin TR Ungu dan Medi-Klin Orange

Medi Klin TR Ungu
Harga Rp 35.000

(harga pas beli tanggal 31 Mei 2011)

Saya juga kurang tahu apa perbedaannya, antara Medi Klin yang berwarna Orange dan Medi Klin TR yang berwarna Ungu. Setelah dicoba memakai yang berwarna Medi Klin TR Ungu di jerawat terbuka ataupun tertutup kulit ga terasa perih sama sekali. alias dingin-dingin aja tuh ga terasa sakit ataupun perih sama sekali. Malahan kulit pas di olesi Medi Klin TR Ungu terasa kencang, seperti diberi asupan suplemen agar kulit yang sudah terkelupas bisa cepat pulih kembali, akibat di pencet-pencet dan jerawat jadi item deh tuh…saya sarankan lebih cocok memakai yang Medi Klin TR Ungu deh.

Medi Klin Orange
Harga Rp 25.000
(harga pas beli tanggal 31 Mei 2011)

Untuk yang Medi Klin Orange saya juga belum pernah mencoba nya sama sekali, karena pas saya tanya ke si mba-mba penjualnya, yang Ungu aja, saya juga sering pake yang ini kok (dalam hati : promosi ya mba..haha).

Pas saya cari-cari tuh obat di internet tentang deskripsi obatnya. akhirnya ketemu juga, ga sia-sia emang ada mbah google…semua informasi bisa di dapet dengan mudahnya..hehehehhe **makasi om google…. :D

yang saya baca di artikel-artikel kesehatan Medi Klin Orange, pas digunakan di jerawat terbuka barangkali akan terasa sangat perih karena mengandung alkohol lihat aja tuh di komposisi obatnya. Tetapi obat ini bagus untuk pencegahan jerawat yang baru akan mucul. jadi jika kamu-kamu dirasa akan mucul jerawat di pipi, olesi terlebih dahulu obat Medi Klin Orange untuk pencegahannya, 2 hari pemakaian 70% jerawat ga akan muncul deh. (Manjur kan ,…) **pinter deh yang buat nih obat yey….!!Okay,,,,mari kita lihat komposisi dari obat yang ampus untuk membasmi jerawat di pipi yang menjengkelkan di pipi, di idung, di jidat dll, diantaranya:Medi Klin – TR Ungu

KOMPOSISI

Medi-Klin®TR adalah sediaan topikal berbentuk gel, mengandung antibiotik semisintetik yaitu Clindamycin phosphate 1,2% dan Tretinoin 0,025%.

CARA KERJA OBAT

Tretinoin bekerja dengan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat pergantian sel. Clindamycin phosphate bekerja denga menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh P.acnes pada sebum.

INDIKASI

Untuk pengobatan acne vulgaris yang disertai sel inflamasi dan komedo tertutup dan terbuka.

Harga Rp 35.000
Berat : 15 gram

KONTRA INDIKASI

  1. Pasien yang hipersensitive terhadap Clindamycin, etretinate, isotretinoin, atau derivat vitamin A.
  2. Pasien yang mendapat pengobatan dengan acitretin, etretinate, oral tretinoin.
  3. Pasien yang menderita seborrheic dermatitis, eczema, kulit terbakar sinar matahari.Pasien hamil dan menyusui.
PERINGATAN DAN PERHATIAN
  1. Jangan gunakan obat lebih sering dari yang telah ditentukan.
  2. Jangan gunakan pada kulit yang merekah karena terpapar secara berlebihan oleh angin, terbakar sinar matahati atau pada kulit terbuka.
  3. Hanya untuk pemakaian luar, hindari kontak dengan mata, mulut dan hidung.
  4. Hentikan pemakaian bila terjadi iritasi. Konsultasikan dengan dokter bila terjadi iritasi yang lebih parah.
  5. Jangan gunakan obat didekat panas, api, atau ketika merokok.
  6. Jangan menggunakan obat topikal lain pada daerah yang sama selama menggunakan Medi-Kllin® TR Gel.
  7. Lanjutkan pengobatan hingga didapatkan hasil maksimal.
  8. Gunakan pelembab untuk mengurangi iritasi dan kekeringan kulit.
EFEK SAMPING
Kekeringan kulit, pengelupasan kulit, rasa tegang atau terbakar pada kulit, kemerahan kulit.
INTERAKSI OBAT

  1. Dengan sabun atau kosmetik yang mengandung obat atau bersifat abrasive.
  2. Cleanser atau preparat jerawat yang mengandung peeling agent seperti resorcinol, salicylic acid, sulfur.
  3. Preparat topikal yang menandung alkohol seperti after-shave lotion, astringent, perfumed toiletries, shaving cream atau lotion
  4. Kosmetik atau sabun yang mempunyai sifat mengeringkan.
  5. Dengan produk untuk rambut seperti semir rambut atau penghilang bulu.
  6. Obat-obat yang membuat fotosensitif seperti fluoroquinolone, phenothiazine, sulfonamide, thiazide diuretic.
CARA PEMAKAIAN
  1. Sebelum digunakan, cuci muka dengan sabun yang lembut/ non alergenic atau dengan cleanser dan air hangat, keringkan dengan lembut. Jangan menggosok kulit dengan handuk atau spons.
  2. Tunggu 20 sampai 30 menit agar pengeringan sempurna. (Penggunaan obat pada kulit yang basah dapat menyebabkan iritasi pada kulit)
  3. Oleskan obat tipis-tipis pada daerah yang berjerawat 1 kali sehari pada malam hari menjelang tidur.
  4. Konsultasikan dengan dokter bila tidak tampak adanya perbaikan setelah 4 minggu.
  5. Cucilah tangan setelah mengoleskan obat.
CARA PENYIMPANAN
Simpan pada suhu kamar dan kering (25ο -30οC), jangan dibekukan

KEMASAN

Dus,tube alumunium, isi bersih 15 gram.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER
Manufactured by

P.T SURYA DERMATO MEDICA LABORATORIES Surabaya, Indonesia
No. Reg. DKL 0328603528A1

Medi-Klin Orange

MEDI-KLIN GEL – Gel antibiotik yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat, terutama yang baru tumbuh.

Oleskan pada jerawat 4 x sehari. Antibiotik dalam gel akan mencegah jerawat yang baru tumbuh agar tidak menjadi besar. 70 % berpotensi sembuh pada hari ke 2.

Tiap gram gel MEDIKLIN mengandung Clyndamicin phosphate. Setara dengan Clyndamicin 10 mg

Harga Rp 25.000
Berat : 15 gram

Detail Produk:
Isi :
Clyndamicin phosphate 1,2 %, USP.
Gel alcohol 10 %
Kemasan : Tube
Berat : 15 gram

Reaksi obat :
Terasa sedikit pedih bila dioleskan pada jerawat terbuka.

Reg No : Depkes RI DKL 0028603028A1
Pabrik pembuat : PT. SDM, Surabaya, Indonesia
MEDIKLIN GEL, Clindamycin phosphate 1,2%

Berhubung yang nulis udah mulai pegel tangan untuk mengetik dan udah mulai tunduh alias ngantuk. Maka cukup sampai dsini aja barangkali yahh pembahasn curhat jerawatnya. Nanti kalo ada apa-apa di share lagi deh berbagai pengalaman buruknya….hadeuhh.. nasib-nasib yang buruk-buruk melulu :(

Selamat Pagi dan Selamat Tidur…..ZzzzZzz…ZzzzzZzz….

Yuuk ahh….tari selimut dan mimpi indah di kasur..ahahaha…:))

By   : Andrie Pratama

YM : ft7_06

:D:D:D

About these ads
Categories: Curcol
  1. November 15, 2011 at 4:02 pm

    mas, klo yg gambar jerawat ke 2 , obtnya mediklin yg mn yg cocok, aq jerawatnya persis ky gt?

    • November 17, 2011 at 4:44 pm

      kalo beda warna antara obat yg medi-klin orange sama ungu.
      memang ada bedanya, kalo yg warna ungu itu agak lbh keras obatnya, dalam artian itu obat dikasih dosis agk lbh dibnding yg wrna orange.
      wktu saya msih jerawatan sih (jerawat yg batu/nanah) saya pke medi-klin wrna ungu.
      Hasilnya sih lumayan ampuh, hari pertama pemakaian memang ga terasa apa-apa.
      Tp setelah pemakaian 2 hari baru deh terasa.
      Klo mbak jerawatnya ga terlalu parah sih, pake aja dulu medi-klin wrn orange ^-^

  2. January 10, 2012 at 4:00 am

    Nice review, thank you yaaa…
    Jerawatku jerawat yg segede2 jagung itu, numbuhnya cuma 2-3 biji tapi langsung bikin PD drop -____-”
    Berarti pake mediklin yg ungu ya?? Kalo untuk ngilangin bekasnya bisa gak??
    Lagi pake krim dokter yg buat ngilangin bekas jerawat soale, tapi kok betenya jerawat jagung itu ttp ada, sigh….

    • January 29, 2012 at 1:51 am

      maaf baru bales, baru sempat online lg soalnya.
      klo jerawat yg segede-gede jagung gtu sih bgusnya pake yg medi-klin ungu mba.
      soalnya jerawat yg gede-gede bgtu kan suka berdarah, nah klo yang ungu itu obatnya bisa mempercepat pertumbuhan kulit yg terluka akibat tekelupasnya jerawat. hentikan pemakaian jika jerawat sudah tidak ada lg.
      saya alhmdulilah slama pakai obat ini ga ada masalah. dan jerawat ga muncul-muncul kmbali.

  3. aida
    January 12, 2012 at 7:09 am

    Wajah sy setelah perawatan laser peeling muncul jerawat kecil2 byk menyerupai whitehead,sdh coba brbagai obat tdk ada yg mujarab,Bg yg tau solusinya bantuin sy dong,Ini email sy aidanooradhi@yahoo.co.id

    • January 29, 2012 at 1:58 am

      cobain aja mba obtnya dulu utk beberapa hari.
      cuma jika ga ada reaksi juga hentikan pemakain.
      oia, jika mba memakai obt ini, jgn mnggunakan obat jenis lain, hentikan dlu klo bisa.
      good luck yaa ^^

  4. aida
    January 29, 2012 at 2:43 am

    iya mas mslhnya sulit sekali ngedapetin krim ini disurabaya,diapotik KF pun g ada,distributor resminya disby ada ga ya? tengkyu.

    • February 5, 2012 at 3:26 am

      klo untuk penjualan yg di sby saya kurang tahu resminya dmna?
      coba saja cari-cari untuk beli online di internet mba. barangkali ada yang menjual online.

    • Zhue
      February 2, 2013 at 4:26 am

      mbak aida bisa cari cream mediklin TR di apotik2 mbak,,
      Saya kemaren beli di apotik NUSANTARA Jl Undaan kulon mbak..
      cb aja kesana

  5. risna
    March 31, 2012 at 12:49 pm

    mau nanyak nich..
    kalo pake medi-klin TR berwarna ungu di malam hari boleh nggak siangnya pake cream seperti pond’s?? dan apakah itu tidak berdampak buruk?
    thanks

    • July 3, 2012 at 6:27 am

      Jika mau pakai medi-klin cukup 1 kali sehari saja seblum tdur, tp jgn lp cuci muka dan keringkan sebelmum di oles oleh medi klin.
      Jika memakai cream sprti ponds sbgai pelembab tidak apa”. yg trpnting sblm memakai krim muka hrs dibersihkan dr kotoran.

  6. June 3, 2012 at 7:35 am

    sist sebelum make mediklin ungu ,,boleh ga cuci muka pke foam acne dan sesudahnya pke toner ??apa langsun pakai saja?jerawat saya seperti no 2 tapi berbentuk whitehead ,,banyak,,gara2 krim sialan

    • July 3, 2012 at 6:31 am

      boleh kok pakai medi-klin ungu atau orange jg sama saja. tapi utk yg ungu agk lbh sdkit keras dbnding yg ungu.
      dipakai ckp 1 kali saja sblm tdr, sblmnya cuci muka dlu supaya bebas dari debu. usahakan slma mnggunakan obat jgn pke cream lain. dan hny dioleskan di bagian yg berjerawat saja. jika trkena bagian kulit yg lain, bisa” kering nnti kulitnya.

  7. Hersa
    June 5, 2012 at 8:57 am

    jerawt ku kaya yang nomer satu itu , tapi kadsang juga ada sih jerawat jagung nya .
    terus pake yang mana dong ?
    dan kalo memakai krim ini boleh memakai pelembab ga ? kaya misalnya *olay*ponds gitu ? makasih :) ditunggu yajh jawabannyta

    • July 3, 2012 at 6:34 am

      utk medi-klin orange dan ungu sama saja kegunaanya sbrnya, cuma yg ungu agk lbh keras dbnding yg orange.
      diusahakan memakainya seblm tdr, dan jgn lp cucimuka dlu sblm tdr, setelah kering, lalu oleskan crea medi-klin nya di area yg berjerawat saja jgn trkena kulit yg ga berjerawat, soalnya bs membuat kulit kering.

  8. atta
    July 27, 2012 at 11:44 am

    klo buat bekas jerawatnya pake apa yah ?

    • October 12, 2012 at 10:31 am

      Pkai saja Melanox Cream untuk menghilangkan bekas jerawat yg memerah, hrga sktr 27rb tgntung apoteknya jg. dan pemakian 2-3 kali oles sehari secara rutin setiap hari, agar hasil bs maksimal. Semoga membantu..

  9. chuchu
    October 5, 2012 at 2:04 pm

    mau nanya kalau ngilangin bekas jrawat yang wrna.a merah pke mediklin wrna apa yaa mas ?

    • October 12, 2012 at 10:09 am

      Kalau untuk menghilangkan warna bekas luka jerawat yg biasanya merah2 kehitaman, saya sarankan memakai Melanox Cream, bisa dibeli di apotek2. dan dipakai sesering mungkin, agar efek cepat terasa, sehari 2-3 kali oles..

      • giok ajah
        September 26, 2014 at 2:17 am

        w dah cobain medi klin tr ampuh banget buat jerawat bruntusan n gatel ky jerawat w… sekarang pipi w jd tinggal bekasnya ajah jadi hitam lebam sperti orang abis di tonjokin mungkin kesalahannya w makenya terlalu bnyak karena awal w pake d hari 1-3 g bnyak efek prubahan, karena g sabar w olesin rada tebel n tiap gelnya udah ilang lngsung w oles lagi
        perihhh banget rasanya..
        besoknya pas w masuk kerja n paginya…
        tara kulit w gosong tmn w pda blng u gy perawatan ya, jd parah gitu, qo jd glotok blabla
        sebenernya malu juga.. w jwb ajah w lagi puber
        hehe…

  10. minov
    October 6, 2012 at 10:32 am

    muka ku akhir2 ini berjerawat
    gax tw dech apa penyebab’a
    mungkin karna keseringan makan coklat ato kacang

    BT bangetz rasa’a lw ada jerawat yg nempel di muka, PD ku hilang semua jadi minder
    ku mw nanya ne
    jika makai medi-klin, bagus bedak’a,alas ato sabun’a apa ya….????

    • October 12, 2012 at 10:29 am

      Penyebab jerawat dari setiap org berbeda2 mba??ada yg karena debu yg hinggap dimuka,stress fikiran, bisa jg karena keturunan.
      Tp kan smua itu bs dicegah jika kita rajin membersihkan muka setelah beraktivitas.
      Saran saya ketika memakai medi-klin jgn ditimpah lg dgn bedak atau sejenisnya mba. Obat cream nya pakai saja dimalam hari sebelum tidur,tp sebelumnya cuci dlu mukanya hingga minyak dan kotoran hilang (sabun muka bebas), lalu setelah kering oleskan tipis2 di area yg berjerawat.Semoga membantu. Oia, kalo saya sih biasanya 2 kali oles sblm tdr saja biasanya pemakaiannya.

  11. irmaaprianti
    October 10, 2012 at 2:16 pm

    Ak udah make krim ini hampir 5harian, yg ngasih tw juga tmn ak.. Tp ak makenya ke seluruh wajah g hanya di area kulit yg berjerawat apa bener bisa bikin kulit kering? Soalnya tmnku nyaraninnya diolesin di seluruh wajah g hanya yg berjerawat aja n skrg wajah dia bersih banget n dia bilang dia dulu dipake di seluruh wajah g hanya yg berjerawat aja.. Need reply, thx be4 :)

    • October 12, 2012 at 10:07 am

      sebenarnya sih pemakaian obat ini 2 kali oles saja sudah cukup mba, dan dioles di malam hari, jika jerawat msh terasa sakit, maka dihari ketiga diolesi lagi. Saran saya sih mending jangan diolesi ke seluruh muka yg ga berjerawat, dikarenakan kulit muka dapat mengering. Saya jg ketika berjerawat, hanya megolesinya 2 malam saja, lalu bsoknya dihentikan. Bgtu mba…

      • irmaviolet
        October 12, 2012 at 10:14 am

        Makasi replynya :)

  12. ine
    October 12, 2012 at 2:04 am

    mu nanya nieh.. kl medi-klin yg orange boleh ga di pake siang hari, cz q hah terlanjur beli yang orange. truz kl siang pelembabnya bagusnya pa ya??

    • October 12, 2012 at 10:04 am

      kalau bisa ketika akan memakai medi-klin pada saat mau menjelang tidur saja di malam hari, tetapi sebelum menggunakannya muka dibersihkan dan keringkan terlebih dahulu, lalu olesi bagian yg berjerawat saja, jangan kena kulit yg lainnya, karena kulit bisa kering ketika pemakaian sudah 2 hr.
      untuk medi-klin orange atau ungu sama saja, hanya beda dari kadarnya saja, ygn ungu agk lbh keras.

  13. eila yuliana
    October 17, 2012 at 11:06 am

    mediklin i like it :)

  14. arin
    October 17, 2012 at 11:09 am

    aku dah coba pake mediklin hasilnya emang bagus
    tinggal bekasnya yg belom hilang :)
    cara ngilangin bekas jrawat gmna ya?

  15. rosi faizah
    November 4, 2012 at 11:42 pm

    mas, mediklin bisa ngilangin bekas jerawat nda yah?

    • November 5, 2012 at 12:02 pm

      klo medi-klin hanya untuk mencegeah timbul dan menyembuhkan jerawat saja, klo menghilangkan bekasnya biasanya pakai Melanox Cream

      • desti
        April 18, 2013 at 4:51 am

        mas mau nanya sy skrg make medi klin yg warna ungu emg khasiatnya bgs bgt hari kedua udh mulai terkelupas… nahh yg sy mau tanyakan klo siang kan kulit jd kering dan memerah nah itu dipakaiin apa yahh? trs yg cream melanox itu bisa dipakai bersamaan dengan medi klin? klo sy siangnya pake bedak salicyl itu gpp? ohh iyahh mas pake pencuci muka apa pada saat itu?

      • June 4, 2013 at 8:07 am

        jika jerawat sdh terasa kempes, hentikan saja pemakaianya mba, brrti efeknya bekerja, dan medi-klinya dipakai malam hari saja mnjelang tdr, tp sebelumnya cucimuka dlu biar debu kotor mghilang, lalu oleskan cream nya. Untuk pencuci muka sih bebas, trgntung cocoknya yg mana.
        Oia, klo siang hari, usahakan jgn pke medi-klinya, nnti kulit yg berjerawat bs kering bgt

  16. rosi faizah
    November 5, 2012 at 9:43 am

    maaf mas,saya mo tanya juga nich……
    kl medi klin orange bisa nyembuhin jerawat yg memerah nda yah…..
    trus mediklin orange bisa nda menghaluskan kulit…..?

    • November 5, 2012 at 12:05 pm

      kalo medi-klin hnya untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat yang udah timbul. klo untuk menghaluskan kulit sih saya belum pernah coba tuh.hehe

      • Vitri
        November 14, 2012 at 2:51 pm

        Mas, kalo malem’y pke mediklin, siangnya msh ttp bsa pke bedak+pelembab sprti biasa’y kn?? thanx b4

      • November 15, 2012 at 8:35 am

        bisa kok mba vitri, medi klin saya rasa lbh bgs dipakai sehari skli di malam hari

  17. yeny
    November 30, 2012 at 4:17 am

    Aku uda pake medi klin ungu dlm beberapa hari,, jerawat ku bukan jerawat batu…setelah pemakaian dlm beberapa hari,,,jerawat ku jd memerah, seperti terbakar dibgain jerawat, kering dan terkupas kulit di area jerawat. Tapi jerawat nya belum hilang2…apa efek nya petanda obat kerja atau efeknya petanda tidak cocok ? Jerawat ku belum hilang” juga, need reply, thanks.

    • January 3, 2013 at 7:36 am

      jerawatnya model yg bagaimana yah?Klo yg modelnya ktika ditekan kulit terasa skt brrti kulit mukanya sudh terinfeksi. Jika sudah diobati kulit memerah,memang efeknya, namanya jg obat keras. kan itu ada logonya obt keras :D hehe harap bersabar saja utk mnghilangkanya klo memang sudah terinfeksi dan timbul jerawatnya.

  18. ucil
    December 4, 2012 at 8:29 am

    mas saya mau tanya dong. muka saya berjerawat kecil2 gitu. kulit saya sensitif banget gampang merahnya. terus bekas jerawat merah. nah kalo aku pake mediklin terus pake melanox gapapa tuh?

    • January 3, 2013 at 7:38 am

      kalau bisa sih jgn pke cream obatnya secara berbarengan mba. nnti ga sembuh2 atau mkin parah lg. mending coba dlu pakai bbrapa hari medi klin, pakai saja di malam hari sebelum tidur,jgn lupa cucimuka dlu pakai foam sbun muka. klo melanox itu kan utk menghilangkan bekas luka yg hitam2 sering jg gpp mau 3 kali sehari pun. asal ketika akan pakai, muka dalam keadaan bersih dlu

      • dila
        April 9, 2014 at 4:10 am

        Mas.kalau bekas jerawat yang merah cocok ngga’ untuk di pakai melanox cream?

      • June 6, 2014 at 3:45 pm

        Bisa kok pakai melanox untuk cepat menyamarkan lukanya.

  19. jani
    December 8, 2012 at 3:18 pm

    mau tanya dong , kalo jerawat nasi ( komedo ) gitu bia pake medi-klin juga ngga mas? dan baiknya pakai yang mana ya . makasih hehe

    • January 3, 2013 at 7:39 am

      mau pakai yg mana jg sama saja kok, pakai yg ungu atau yg orange. jgn lupa ketika pakai cream n dioleh yg akan berjerawat atau sudah terlanjur muncul jerawatnya cucimuka dlu pakai sabun muka yg mba gunakan.

  20. deira indriyani
    December 21, 2012 at 6:41 am

    mas, obat selain melanox cream menghilangkan flek hitam bekas jerawat apa yah yang dijual di apotik? dan gunanya lebih jelas pemakaian medi klin ini apa mas? . Kulit saya banyak bintik2 hitam bekas jerawat, susah untuk hilangnya? lebih baik menggunakan apa yah mas? tlong infonya,tnks;)

    • January 3, 2013 at 7:41 am

      saya kurang tahu klo pnghilang bekas noda2 hitam selain melanox cream itu. Oia, kalau mau menghilangkan noda hitam bekas jerawat, segeralah pakai setelah jerawat itu ga ada, biar efeknya lbh cepat utk menyamarkan bekas noda nya ketika pakai cream nya, sering2 jg gpp kok, tp muka hrs bersihin dulu.

  21. Yani
    December 29, 2012 at 3:07 am

    pake Mediklin yang orange brapa hari jrawatnya kempes yaa mas ?
    aku uda pake hampir seminggu tapi ko masih ada yang blm kempes yaa jrawat ku mas ?
    knp ya ?
    thx saranya ^^,

    • January 3, 2013 at 7:43 am

      Mungkin ketika memakai cream nya jerawat sudah terinfeksi n sudah terlalu parah. coba saja stiap malam menjelang tidur obati dgn dioles2. Jgn lupa cucimuka dan keringkan sblm memakainya. Klo muka ga bersih kan diobatin jg sama aja boong :D

      • Yani
        January 4, 2013 at 5:46 am

        mmmmmm,
        Padahal jrawat ku jrawat biasa aja loo mas
        tapi banyak :D
        hhe
        gpp aja kah pake mediklin dalam jangka waktu yg lama ?
        Thx ^^,

  22. Liendy
    January 2, 2013 at 11:15 am

    untuk medi klin orange,,,, dbrosur tertulis hanya di oles kan pd daerah yg berjerawat satu sampe 2 kali sehari… apz gpp Th klo 4x dlm sehari?? trus klo di pke siang hari gmn?? kan dbrosur gag ada keterangan di pakai siang atw malam hr utk pemakaian mediklin orange ni…

    • January 3, 2013 at 7:46 am

      iya betul skli dioles jgn terlalu sering mba klo bisa cukup pagi ketika sudah mandi atau malam hari ketika menjelang tidur setelah mencuci muka n mengeringkannya. Jgn terlalu belebihan memakainya kalau aktivitasnya diluar ruangan, nnti sama aja kena debu jg n kulit muka jd berminyak. Klo mksudnya pakainya di siang atau malam hari kan muka kita ketika dibersihkan n diolesi cream ini tidak terkena debu lg, jd pemakaian obatnya jg kan bisa efektif :)

      • agus
        January 12, 2013 at 12:33 pm

        Bang bro,,sy sdh mmbca artikelnya ..sblmnya trima ksh atas infonya..jd u/pemakaian obat ini hny u/bag yg brjerawat saja ? Dan tidak u/ bagian lain yg tidak brjrwt ya ? Bagaimana kalau di oleskan pada bekas jerawat..trima kasih..tolong d reply y..(y)™sip(y)™sip(y)™ (y)™sip(y)™sip(y)™ ..

      • January 16, 2013 at 8:18 am

        thanks sudah membaca artikelnya dulu.
        betul sekali untuk pemakaian obat ini hanya dikhususkan untuk bagian yg berjerawat saja, jangan gunakan di kulit yg tidak berjerawat, karena nanti kulit muka bisa mengering dan mengelupas!
        Jika bekas jerawat, sebaiknya gunakan saja obat cream melanox, atau sejenisnya. Jika obat ini digunakan di bekas jerawat yg sudah kempes,mungkin kulit muka akan kering nantinya. (sebaiknya jangan digunakan saran saya)
        untuk melanox cream bisa didapatkan di apotek terdekat, asalkan rutin diolesi di bekas jerawat pst cepat samar-samar kok bekasnya yg sudah hitam.

  23. ahmad
    January 17, 2013 at 10:10 am

    mas,,,aku mau nanya,klu makai obt na stiap mlm àp ga’,,,,,trus aku udh mkai na 2 mnggu tpi jrwat na udh tipis tpi msih mrah2 dàn jga ad yg tumbuh……
    gmanà tuch mas,tlng d blz ya.

    • January 17, 2013 at 12:50 pm

      tipe jerawatnya yg dialami seperti apa memangnya?apakah jerawat komedo?jerawat biasa?atau jerawat batu/biasa disebut jerawat jagung yg mengeluarkan cairan berupa darah kotor jika dipencet. Klo saya muncuk jerawat biasanya dipakai setiap malam creamnya,dgn membersihkan muka terlebih dahulu lalu setelah kering baru dioleskan di area yg jerawat saja. dalam 3-4 hari juga biasanya kempes sendiri kok asalkan pemakianya rutin. tp klo pemakaiannya 2 minggu ga kempes2 atau ga sembuh2 mending hentikan saja mas, barangkali tidak cocok dengan kondisi kulit muka.

      • desti
        April 18, 2013 at 5:01 am

        mass maaf mau nanya lagi saya sudah 3 hari pemakaian untuk menghentikannya gmn yahh? maksudnya dari mana kt bisa tw klo kita sdh harus mengstop pemakaian medi klin ini. hehehehehe terimakasih mass

      • June 4, 2013 at 8:07 am

        Jika jerawat sudah terasa kempes dan tdk terasa skt hentikan saja pemakaianya mba. jgn terus menerus dgunakan, tdk baik ke kulit menjadikan kulit kering

  24. January 17, 2013 at 11:58 am

    klu udh tpis jrwat nya,tpi msih merah mas,trus gmna tuh,trus mkai nya tiap mlm.

    • January 23, 2013 at 10:00 am

      kalau udah tipis jerawatnya, hentikan pemakaian obatnya.
      Lalu utk menhilangkan bekas nodanya gunakan saja cream melanox utk memudarkanya.

  25. agus
    January 20, 2013 at 5:02 pm

    Sy skrg pakainya oles k slruhnya,krna tkut kulit wajah jd belang..melanox kira2 brpa duit ya ???

    • January 23, 2013 at 9:57 am

      loh kok dipakai ke sluruh kulit??
      saya sarankan mending jangam jika area kulitnya ga berjerawat.
      harga melanox sekitar 27rb tergantung apotek yg jualnya jg klo range harga.Thnks

  26. arum
    January 21, 2013 at 1:55 am

    Sy pkek ygorange kq lm smbuhnya mas
    Jrawatku sgede jgung aku udh hmpir ptus asa buat ngbatinnya..
    KASIH Solusinya donggg…

    • January 23, 2013 at 9:59 am

      memang sudah brp lama menggunakan cream medi-klin yg orange?
      utk pnyembuhan, jika kulit sudah terlanjur berjerawat memang agak lama?
      bisa kering 2 s.d 5 hari jika pemakaian rutin.
      Oia, ketika menggunakan creamnya, apa sebelumnya sudah cucimuka terlebih dahulu agar kulit hilang kotoran??

  27. ECHA
    January 25, 2013 at 6:19 am

    Mas, saya berjerawat komedo trus saya sudah memakai mediklin TR ungu 2 Kali pada malam hari sudah hari tp kok wajah saya merah banget ya… kenapa ya mas saya takut tidak cocok pake obatnya. tolong di blz ya.. mksih

    • January 26, 2013 at 4:39 am

      coba hentikan dulu pemakaian obatnya mba. jangan digunakan terus menerus obatnya.
      Jika sudah ada reaksinya hentikan dlu dan lihat hasilnya :D

  28. ECHA
    January 25, 2013 at 6:22 am

    saya memakai medi klin sudah 4 hari kok masih merah banget blum nglupas ya mz… tolong kasih solusinya ya

  29. adnan
    February 15, 2013 at 3:25 am

    mas. apakah bisa. setelah memakai melanox cream. di lapis lg dgn sariayu lotion anti jerawat?

    • March 23, 2013 at 1:23 pm

      iya betul sekali, cari aja di apotek2 terdekat mba :)

  30. izty
    March 12, 2013 at 4:38 pm

    mas saya berjerawat dari dulu saya mencoba pemakaian krim macem2 tapi malah tambah banyak gmana dong? jerawat saya itu gede2 banyak lagi,, la solusi apa yang orange apa ungu,,terimakasihhh

  31. Nanik ruswanty
    March 22, 2013 at 3:13 am

    Hum. . . .aq takut ni mw pake. .temenq pake mediklin tp k0g mukax kya kbakar . . .

    • March 23, 2013 at 1:21 pm

      mgkin itu efek memakai obatnya mba. soalnya bs membuat kulit muka kering jika sering2 dipakai.
      Dianjurkan dipakai sblm tidur saja.

    • March 23, 2013 at 1:21 pm

      mgkin itu efek memakai obatnya mba. soalnya bs membuat kulit muka kering jika sering2 dipakai.
      Dianjurkan dipakai sblm tidur saja.

  32. March 23, 2013 at 4:21 am

    haduh saya jg lg berjerawat tp kecil2 di jidat -_-
    pengen nyoba mediklin ungu tp takutnya ntar malah meradang . .itu bikin jerawat meradang jg ga ya gan?

    • March 23, 2013 at 12:50 pm

      kalau mau coba silahkan, asal nnti jika jerawat sudah mulai mghilang atau sudah mau hilang hentikan mba.
      Karena jika terlalu sering pakai nnti kulit bs menjadi kering.

  33. izty
    March 24, 2013 at 1:10 pm

    jerawat saya banyak aku dah 4 hari memakai mediklin kok blm ad perubahnnya perubhnnya itu lm atau ngk ya

    • puthree
      April 13, 2013 at 3:28 am

      Mas,sy udh pakai medi klin orange to siang,yg ungu to malam.kan katanya yg ungu agak keras,jd kalo yg orange sy pakai d mlm hari bisa dak?
      Jerawat ku si udah mengecil,tapi komedo yg hitam kluar?
      Tolong donk mas bantuanya,

      • June 4, 2013 at 7:49 am

        klo bs sih mba, menggunakanya satu aja yg orange atau yg ungu, jgn mnggunakanya bersamaan.
        klo medi-klin sih gunanya agar jerawat yg akan tumbuh, jika diolesi akan mengempes dgn sndirinya, bs jg dgunakan utk jerawat yg sdh pecah dan berdarah

  34. budi
    April 12, 2013 at 9:11 am

    gan kulit saya tipikalnya berminyak dan saya punya masalah dengan jerawat batu, saya mau tanya pembersih muka yang cocok buat di pakai sebelum pakai mediklin tr ungu itu apa ya ? dan jerawat batu saya kenapa ya sudah seperti bewarna hitam gitu sudah tidak kelihatan nanahnya tapi besar dan sangat buat gak PD ? trus kalo merah merah disamping hidung itu kenapa ya apa gara2 saya sering gosok2 buat hilangkan komedo di sekitar hidung ?

    • June 4, 2013 at 7:47 am

      jika kulit menghitam setelah jerawatnya pecah memang sudah begitu. Jd kalo mau menghitam jangan di pecahin jerawatnya.
      Yg saya tau sih pke melanox cream jika utk menyamarkan yg hitamnya, cuma yaa harus rutin menggunakanya

  35. puthree
    April 13, 2013 at 12:51 pm

    Mas,medi klin yg orange d pkai pd siang hr,bs gk d pakai pd mlm hr?
    Pd siang hr nya bs d pakai pelembab ponds gk?

  36. April 15, 2013 at 8:09 am

    ne dah pake mediklin ungu tapi bekas merahnya g ilang…. dah gt besar dan melebar,, memang rekasi mediklin itu brp hari y.. trus ne merah item ngilanginy gmn y…

    • June 4, 2013 at 7:51 am

      kalo kulit memerah n berbekas sih itu bkn akibat dr obtnya, obatnya hny berefek pd kulit yg mnjadi kering. Klo itu mgkin krn jerawatnya mmang sdh sgt kronis skli, atau mau pecah, jd meninggalkan tanda2 kemerahan/kehitaman

  37. Nurul Maidah
    April 16, 2013 at 4:30 pm

    Saya baru coba pertama kali mediklin orange,gk ada rasa perih sedikitpun.jerawat saya ini bandel bgt,udh bbrp tahun dan letaknya hnya dipipi kanan kiri saja.kira2 lebih baik pakai yg orange atau ungu ya ?

    • June 4, 2013 at 7:52 am

      utk penggunaan warna orange/ungu sih pilihan mba, klo yg ungu medi-klinya itu dia ada sbuah zat yg mmbantu kulit yg sudah luka agar cepat pulih, jika jerawatnya sdh pecah dan berdarah :D

  38. April 17, 2013 at 5:21 pm

    sy pny jrwat besar2 kyk biji kacang ijo sekitar 5 biji di pipi kanan,stlah 2 hari pake mediklin ungu.. bbrp jrwt kempes tapi merah bgt di jrwti itu+klo d pegang sakit + kl d pegang jg kasar2 kyk kulit kering uda tinggal di kope gitu.. wrna ny sangat merah di spot+ dalem ny rada keunguan gt.. itu tanda ga cocok ato cocok yah? trus kl gt lanjutin pemakaian/ pake crim penghilang bekas? rep asap please! thankyou!

    • June 4, 2013 at 8:03 am

      klo tanda2 nya seperti yg disebutkan diatas sih memang bgtu efeknya mba, membuat kulit kering, tp jerawat jg ikut kempes dan menghilang, jika sudah gtu hentikan saja pemakaianya, ntr jg jerawat kmpes sendiri kok

  39. April 17, 2013 at 5:24 pm

    oyah satu lagi di jrawat ny itu udh kempes dan terlihat tipis kulit nya kyk mengkilap gituu.
    whatt’s next step?

    • June 4, 2013 at 8:03 am

      Jika sudah begitu tandanya hentikan pemakaian obatnya mba :)

  40. kiranaviona@yahoo.co.id
    May 1, 2013 at 8:11 am

    mas kalo pakai melanox cream boleh pake cream lain gg waktu siang hari

    • June 4, 2013 at 8:08 am

      boleh saja mba. asalkan ada jeda wktnya aja setelah pemakaian melanoxnya itu

  41. Reizma Melania Damar
    May 5, 2013 at 8:25 am

    selamat siang…!
    sebenarnya sudah beberapa lama menggunakan pelembab ke muka saya itu sama sekali tidak berhasil, untuk mencari solusi pun saya sudah kemana-kemana untuk bertanya! sekarangpun saya menggunakan “DR Gold” setiap pemakaian inginnya cepet2 sembuh, uda marah2 terhadap diri sendiri ngga PD ketika jalan ama someone :-D ! di bagian pipi kanan kiri semuua penuh dg bekas jerawat yg merah, apakah reaksi Melanox Cream bisa mnghilangkan bekas itu semua ? dan apa buktinya?

    mohon pnjelasannya
    Thanks !

    • June 4, 2013 at 8:10 am

      kalo jerawat yg berada di pipi itu sudah kronis seperti keterangan yg diberikan, lbh baik ke dokter spesialis kulit mba yg lbh mgerti ttg perawatan kulit dgn jerawat kronis, kalo medi-klin kan fgsinya utk mencegah/mengobati jerawat yg akan mncul. nah klo melanox itu semacem cream utk menyamarkan bekas jerawat yg menghitam atau memerah. bgtu mba..

  42. enci
    May 15, 2013 at 12:38 pm

    mau minta solusinya… q da pake medi-klin tr ungu udah jalan 5 hr. penggunaan pd malam hari.. pd daerah yg ada jerawatnya. sebelum pake mediklin kondisi kulit pipi qu ada bekas merah dan jerawat kecil2. tapi jalan 5 hari penggunaan kulit qu mengelupas, memerah, dan tersa panas banget…. tapi jerawatnya udah tipis. Q bingung cara mengatasi kemerahan kulit dan pengelupasan kulit gimana mas…. ?? berapa lama penyembuhannya ? tolong solusinya…..??

    • June 4, 2013 at 8:12 am

      Nah, jika kulit dirasa semakin mengering jgn diteruskan menggunakan obatnya mba, hentikan saja.
      klo utk mencegah kulit yg memerah sebaiknya gunakan pelembab yg biasanya mba pakai.

  43. yhulie
    May 25, 2013 at 6:35 am

    Maaf mas mw nanya nech,,
    Saya punya jerawat kecil” tapi sering timbul bagus ya saya pakai mediklin yg ungu atw mediklin yg orange ya mas,,
    Minta saran y mas tlong dibalez,,,
    Makasih sebelum ya

    • June 4, 2013 at 8:13 am

      jika jerawatnya semacem jerawat baju yg keras2 bgtu gunakan saja yg orange mba. tp jgn dioles ke seluruh lapisan kulit yah??
      nnti bisa2 kulit mukanya kering semua terkelupas.hehe
      Gunakan saja di area yg berjerawatnya.

  44. flowneza
    June 6, 2013 at 5:07 pm

    Kalo Mediklin TR udah di olesin ke wajah habis itu boleh ga lgsg pake cream malam? Apa harus di stop dlu cream malam’y selama pemakaian Mediklin TR? Thanks :)

    • June 7, 2013 at 8:01 pm

      Pakai cream malam boleh2 saja, asalkan jerawat yg sudah dioles Medi-Klin nya jgn ditimpah jg sama cream malamnya yaa?Nanti tktnya iritasi pd kiulit :D

  45. Arykha
    June 7, 2013 at 10:24 am

    Dari komenan diatas mediklin ungu kok efeknya ngeri y mas? Ap bener” aman tuh?, and Melanox cream hilangnya berapa hari klo pemakaiannya 2-3x shri?. Cz sy mau beli jika bener” manjur!
    Maksih y mas :D

    • June 7, 2013 at 8:06 pm

      Bukan ngeri pakainya, tp mgkin pas pertama dan kedua kali coba setelah pakai cream yg ungu, kulit terasa kering, itu memang efek obatnya, tp kan jerawatnya jg pasti sudah tak terasa sakit di pipi (pemakaian bisa dihentikan dan tinggal tunggu jerawat mengecil dgn sendirinya). Nah..ketika pakai,jgn sampai kena area kulit lainnya, sebab nanti bisa ikut kering jg kulitnya :D
      Klo melanox cream itu kan utk menyamarkan kulit yg menghitam atau berbekas kemerahan gtu, nah kalo utk brapa harinya trgntung rutinnya kt pakainya jg :D

      • faisal
        June 13, 2013 at 4:37 pm

        mas saya mau nanya nih kalo buat jerawat nasi bisa ga ya ?
        terus kan pas mau pake harus cuci muka dulu saya cuci mukanya pake kaya ponds dll bisa ga ?
        satu lagi medi klinya pas di oles itu di bwa tidur apa nanti tnggu trs di cuci lagi
        makasih jawab ya mas

      • June 26, 2013 at 11:57 am

        bisa mba, coba saja pakai dlu dioles ke bagian yg berjerawat saja. Utk muka usahakan ketika memakai gel nya dalam keadaan kering dan bersih dr debu. Gunakanlah sblm tdr. Anda bngun pagi sudah boleh dibersihkan kembali. Karena gel akan cepat menyerap ketika kt tertidur dimalam hari.

  46. Wulan
    June 21, 2013 at 2:03 pm

    tapi saya pke mediklin gk smbuh.mlah ped!h2 jerawatnya.

    • June 26, 2013 at 11:58 am

      memang jerawatnya seperti gmna ya? dioles medi-klinya bagaimana?

  47. ali sadikin
    June 26, 2013 at 12:13 am

    nice post gsn,,,ane baru beli nih mediklin yang orange

    • June 26, 2013 at 11:59 am

      Silahkan dicoba dlu gan, pakai saja ckp sehari sekali di area yg berjerawat. Jgn lp cucimuka n keringkan sblm dioleh gel medi-klin :D

  48. July 10, 2013 at 6:21 am

    nanya ni..akku pakai mediklin TR yg ungu,,emang ya udah agak gk skit,pdhal msh 2 kali,,mudah2.an cocok,,amin..soal.a udah setres bnget dngan jerawat..terus kalu udah kempes mSh dpake gak?

    • July 25, 2013 at 5:01 am

      Jika sudah tidak terasa tidak sakit, pemakaianya hentikan saja. Cukup 2-3 kali oleh aja kok :D

  49. Rey
    July 20, 2013 at 2:38 pm

    Mas, aq br sehari coba pake mediklin yg orange… Bsk paginya pas abis cuci muka, muka aq berasa kering dan komedo whiteheads nya jg ikut mengering… Mediklin orange itu kira2 manjur ga ya utk komedo tipe whiteheads? Byk bgt mas, hampir sewajah gt :( Aq sih ga jerawatan yg parah, tp kdng ada jerawat muncul 1 ato 2, trus lngsung aq ksi mediklin, bsk nya udh kempes dan ga terasa sakit lg loh!! Kira2 klo utk komedo gt biasanya mulai trlihat hasilnya stlh pemakaian brp lama ya mas? Makasih sblm nya :)

    • July 25, 2013 at 5:07 am

      Untuk mediklin orange atau ungu sebenernya sih sama aja fungsinya. Jika dipakai utk komedo whiteheads sebaiknya jgn trllu berlebihan atau sering2. Cukup 2-3 kali saja, sudah itu tunggu hasilnya. Itu jerawat yg sudah dikasih mediklin dan sudah ga terasa sakit di pipi, hentikan saja pemakaianya, nanti tinggal tunggu hasilnya saja, nanti jg mengering dan mengecil sendiri jerawatnya.

  50. July 21, 2013 at 3:26 pm

    mediklin ungu belinya d mana ya?

    • July 25, 2013 at 5:08 am

      Di apotek juga ada mba. untuk mediklin orange atau ungu sih terserah mau beli yg mananya, hampir sama kok.

  51. srie sandra
    July 29, 2013 at 4:33 am

    Klo misalkan mlem’y pke medi klin trus siang’y pke cream melanox gpp ?

    • July 29, 2013 at 5:02 am

      Gpp mba, boleh-boleh saja kok. Kan melanox itu cream untuk memudarkan noda-noda hitam di muka, jika pemakaianya rutin.

  52. harutake
    August 12, 2013 at 4:42 am

    mas, kan ada keterangan tuh “dilarang menggunakan obat topikal lain selama menggunakan Medi-Kllin® TR Gel.” kalo melanox termasuk gk??
    trus, melanox dipake seluruh muka boleh gk yah??

    • August 12, 2013 at 5:14 am

      kalo melanox itu digunakan jika kulit di area muka bekas jerawat menghitam, baru gunakan melanox cream utk menyamarkannya.
      Jgn digunakan pd yg berjerawat melanox nya.

      • faisal
        August 21, 2013 at 1:24 pm

        mas saya mau nanya kan saya pake mediklim TR ko jerawat nya malah pada jadi lagi sih dan pada merah”
        d lanjutin atau d Stop yah pemakainnya

      • March 2, 2014 at 12:22 pm

        Itu pakainya setelah jerawatnya muncul atau belum ya? Jika memang jerawat sudah muncul dan di oles cream mediklin nya memang akan sprti itu efeknya, kulit memerah, dan nnti jg akan hilang kok.

  53. August 12, 2013 at 7:07 am

    mas aku sdh memakai mediklin yg warna ungu dan jerawatku sdh pada mengempes tinggal bekas.y aja yg msh ada, tpi jerwat kecil mulai tumbuh lgi, haruskah aku memakai medkilin yg wrna orange untuk pencegah.y ?

    • March 2, 2014 at 12:20 pm

      untuk pencegahan sebelum jerawat muncul oleskan saja 2 kali setiap malam sebelum tidur, utk mencegah bakterinya berkembang :D

  54. faisal
    August 22, 2013 at 6:02 am

    aku pake mediklin TR ko beberapa hari kemudian kulit d pipi malah ngelupas sih
    baiknya d lanjut atau d stog ?

    • March 2, 2014 at 12:25 pm

      memang efeknya seperti itu, maka dari itu jgn terlalu sering menggunakanya, gunakan 1 kali setiap malam sebelum tidur saja.

  55. Nana
    August 26, 2013 at 7:51 am

    Mau tanya maksudnya INTERAKSI OBAT yg point 2 “Cleanser atau preparat jerawat yang mengandung peeling agent seperti RESORCINOL, SALICYLIC ACID, SULFUR”.

    Kalau pake cleanser/sabun yang mengandung zat tersebut boleh ga ??
    Terimakasih atas jawabannya..

    • March 21, 2014 at 7:14 am

      Boleh saja mba, itu kan interaksi obat akibat jika tidak cocok jika digunakan secara bersamaan. Jika tidak ada interaksi tidak apa2 kok.
      Tp kalau bisa gunakan satu2.

  56. ellene
    September 25, 2013 at 2:38 am

    mas saya emg udah pake mediklin yg ungu, tp karna pakeny menjelang tdur jd obat yg sy oles d spotnya aja mlh kemana2 alhasil muka sy kring.ilangin keringnya ith gmana ya mas?

    • adhey
      December 11, 2013 at 7:44 am

      mass aq bru pakek. 1 hari tp jerawatnya kug tmbah membesar trus kluar nana ya..
      ??
      mohon informasinya :)

      • February 14, 2014 at 5:06 pm

        Klo itu memang kulit mukanya sudah terlanjut terinfeksi. Coba saja gunakan pd area yg berjerawat jika sudah terlanjut membesar, utk mempercepat penyembuhan jg jika jerawatnya sudah pecah mba.

  57. September 29, 2013 at 7:29 am

    Ass aku punya masalah di muka aku. Karena cuaca taiwan ama indo berbeda jadi wajahku rusak -_tolong gimanah sayah bisa pesen itu brg karena di sini nga ada tlg di bls

    • March 21, 2014 at 7:16 am

      mending coba ke dokter saja jika sedang berada disana mba. Barangkali itu perubahan cuaca makanya kulit blm menyesuaikan dengan cuaca disana

  58. ningrum
    October 25, 2013 at 12:42 pm

    mas aku berjerawat yang no 2 tapi aku juga bunya bekas jerawat yang hitam- hitam dan banyak ., aku harus pakek apa melanox cream apa mediklin ?

    • February 14, 2014 at 5:02 pm

      klo melanox itu utk memudarkan bekas2 jerawat saja mba, utk mengobati jerawat yg mau mncul atau terlanjur mncul pakai saja mediklin.

  59. November 2, 2013 at 9:55 am

    Kalo buat bekas jerawat bisa kan mas?

    • February 14, 2014 at 5:04 pm

      Klo mediklin itu fungsinya sih utk mencegah jerawat mncul ketika kulit muka terasa skt. Tp bs jg digunakan utk mengobati jerawat yg sudah terlanjur membesar.

  60. fitri
    December 7, 2013 at 2:24 pm

    saya pake medi-klin ungu kok ke kulit muka pedih banget ya?apa karena gak cocok apa gimana?mohon solusinya

    • February 14, 2014 at 5:05 pm

      Ketika digunakan memang membuat kulit muka terkelupas, memang bgtu efeknya. Jd saran saya oleskan saja ke area yg berjerawat jgn sampai terkena kulit yg lainnya.

  61. December 11, 2013 at 4:37 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb
    bang numpang tanya nih, kan di brousur nya kata nya sblm pakai gel nya cuci muka dulu pke sabun or cleanser itu pake air hangat apa air biasa ? ane blm pnh dnger tuh misalnya cuci muka pake sabun clean clear or ponds or vaseline trus di basuhnya pake air hangat…?
    tlng di jelaskan..

    • February 14, 2014 at 5:09 pm

      Maksudnya dari kata2 itu ketika kita akan gunakan obat medi-klin nya, usahakan kulit muka sudah dalam posisi bersih dari debu, karena percuma saja kan jika menggunakan obtnya tp muka kt dlm keadaan msh kotor? Jd usahakan bersihkan pakai sabun khusus muka.
      Utk sabun muka bebas saja mau pakai merk apapun, sesuaikan saja dgn yg digunakan sekarang.

  62. December 18, 2013 at 5:57 am

    waduh mas jerawat saya byk ni mas
    emang kalok pake mediklin bisa sembuh ea mas ?
    ni saya baru coba aj mas

    • February 14, 2014 at 5:10 pm

      Memang tidak menjamin utk bs sembuh instan. Jika jerawat sudah byk bgtu mnding konsultasikan ke dokter saja dahulu.

  63. Dianita Sukma
    December 23, 2013 at 2:27 am

    maaf mas mau tanya, untuk pembeliannyaitu kan harus pakek resep dokter,
    jadi kalau kita beli di apotik umum gk bisa ya?!

    • February 14, 2014 at 5:13 pm

      Bisa kok mba beli di apotek. Maksudnya harus pakai resep dokter dikarenakan obt ini termasuk golongan obat keras.

  64. mus
    January 1, 2014 at 12:56 pm

    mas mau numpang nanya y,bisa gak pakai mediklin kedua duanya dan apakah boleh toner wajah saat menggunakan obat mediklin

    • February 14, 2014 at 5:14 pm

      saran saya jika mau gunakan obat ini sebelum tdr saja ketika kulit muka sudah bersih dan bebas dari debu mba.

  65. rangga
    January 4, 2014 at 9:54 am

    saya mau nanya nih mas
    wajah saya sekarang banyak dengan jerawat gede gede
    saya skrg sedang pake mediklin ungu, boleh gak sebelumnya cuci muka pake sabun jf sulfur
    tolong di jawab ya mas :)

    • February 14, 2014 at 5:15 pm

      yg terpenting ketika sebelum mengoleskan medi-klin ke area yg berjerawat, usahakan kulit muka bersih saja. Mau cucimuka menggunakan sabun apapun tidak masalah kok.

  66. anggi
    January 6, 2014 at 6:05 am

    bang… tips tips abang sehingga hasilnya memuaskan gmana?
    abang nyuci muka pake sabun apa sbelum pake mediklin?

    • February 14, 2014 at 5:21 pm

      Klo sy sih pakainya dulu rutin sebelum tdr, dan cucimuka dahulu bersihkan kulit muka dari debu dan minyak, setelah muka dirasa kering, lalu olesin mediklin ke area yg berjerawat. Bgtu sampai jerawat ga kerasa perih lg di muka.

      • yasmin
        March 1, 2014 at 10:56 am

        Mass kalo mengeringkan jerawat yg isinya putih ky komedo gtu .. pke yg mnaaa .. agar kering jrwt whitehead(komedotertutup) nyaa ..ungu ato orange tpi jrwt sy kalo di pnct tdk sakit dan di dlm nya trdpt putih” sperti komedo . Klo keringin jrwt itu pk yg mn

      • March 24, 2014 at 6:40 pm

        Kalau komedo memang susah untuk dihilangkan, bagaimanapun pasti akan muncul kembali dlm bbrapa wkt setelah dikeluarkan.
        Kalau medi-klin hanya utk yg berjerawat timbul saja mba. Jgn dioles ke daerah yg berkomedo, nnti bisa2 kulitnya kering terkelupas.

      • yasmin
        March 1, 2014 at 10:58 am

        Tp muka sy pas bngn tdr berminyaknya banyak bgt . Apkh blh pkai itu obt

      • March 2, 2014 at 4:13 pm

        Dipakainya malam hari sebelum tidur saja, cucimuka dahulu.

      • yasmin
        March 1, 2014 at 11:01 am

        Blh ga di pk umur 13 th

      • March 2, 2014 at 4:14 pm

        Boleh-boleh saja, asalkan baca aturan pakainya yaa,,

  67. kartika
    January 12, 2014 at 9:01 pm

    Mas, anakku pernah sakit iritasi kulit akut di badannya (bukan jerawat), sama dokter dikasih mediklin orange tapi yg dioles kemasannya botol,dan sepertinya perih bgt soalnya stiap dioles triakannya membahana. Bedanya yg cream sm yg dioles itu apa sih?

    • March 21, 2014 at 7:17 am

      Iya mba, memang medi-klin orange akan bereaksi dengan kulit yang sedang terluka terbuka. Saran saya jangan digunakan pd kulit yang sedang terluka. Hentikan dulu..

  68. inna
    January 28, 2014 at 1:22 am

    mau naxa nigh, quuh kan dlu berjerawat tp skrg tinggal bekas2nya mas.trus klu jerawat besar2x muncul saat haid.quuh bagusx pakai ap yagh.oy,kan klu pakai melanox g bs beraktifitas di luar.bru quuh kan mahasiswa trus aktifitas diluar baxak banget.solusix donk mas.

    • March 21, 2014 at 7:18 am

      Kalau itu mngin muncul dikarenakan adanya pengaruh haid mba. Jika mau diobati olesi saja setiap malam sebelum tidur cukup sehari sekali. Kalo menalox itu mau digunakan kapan saja bisa, asalkan kulit muka sudah bersih dari debu dan minyak.

  69. eras
    January 28, 2014 at 2:09 pm

    mas mau nanya ini kalau sy pake langsung dua2nya di muka misalkan dalam 1 malam saya pake m,ediklin untuk jerawatnya dan bekasnya saya pakekan melanox itu boleh apa gak mas:D

    • March 2, 2014 at 4:15 pm

      pakainya satu2 dulu. Jika sedang diobati pakai medi klin dulu, melanox itu kan utk bekas noda hitan utk menyamarkan, dipakainya boleh kpn saja asalkan muka bersih

  70. eras
    January 28, 2014 at 2:17 pm

    mas2nya mana ini padahal mau pake mediklin ama melanoxnya

  71. February 16, 2014 at 5:18 pm

    Gan, cream melanox nya d pake sluruh muka atau d totol d bagian bekas jrawat aja ?

    • March 2, 2014 at 12:14 pm

      Utk melanox itu fungsinya utk menyamarkan noda hitam bekas jerawat atau apappun dimuka, jd gunakan saja pd noda2 hitam di wajah

  72. inini
    February 18, 2014 at 7:07 am

    saya udah pake mediklin orange maupun yg ungu nih gan, hhueheu
    pertama kali nyoba yg orange –> setelah semingguan nyoba ga ngefek apa2 sih, ga bikin jerawat cepet kempes dan ga bikin tambah jerawat juga
    trus nyoba yg ungu –> setelah semingguan pake jg, efeknya di bagian kulit yg dioles itu malah merah, terkelupas, tapi pas diraba tu jerawatnya masih hhu, dan pernah ku totol ke jerawat kecil2, efeknya malah bikin itu jerawat beranak pinak dan ada yg meradang :(

    • March 2, 2014 at 12:17 pm

      Ini jerawatnya yg bnyk yaa jenisnya kecil2? kalau utk ungu sih memang agak keras creamnya, soalnya terdapat kandungan utk membuat kulit luka bekas jerawat terkelupas agar cepat rapat kmbali. Jika pemakaian medi-klin dirasa tidak berpengaruh apa2, hentikan saja.

      • farah
        March 9, 2014 at 3:23 pm

        wah sama kayak aku dong ya? pas aku olesin ke jerawat batu jadinya merah dan mengelupas gitu. terus pas aku olesin ke yang kecil kecil gitu (iseng sebenernya waktu itu) ternyata malah banyak jerawatku, kecil kecil gitu. nah pertanyaan aku, kalo buat ngilangin jerawat yang kecil kecil gara gara pake medi klin ungu itu pake apa ya gan? kalo langsung dikasih melanox cream gimana?

      • March 24, 2014 at 6:45 pm

        Kalau saya pakai medi-klin itu hnya dioles di jerawat yg terasa sakit saja. Kalau utk jerawat2 baju yg kecil2 itu ga pernah muncul soalnya.
        Mungkin kalau makin banyak, ada ketidakcocokan saat menggunakan cream medi-klin nya.
        Utk melanox itu fungsinya utk menyamarkan noda hitam bekas jerawat, bkn utk menghilangkan jerawat.

  73. vani safitri
    February 23, 2014 at 11:53 am

    Mas, saya mau konsul.
    Jenis jerawat saya kayak no 2. Jerawat nya hanya di bagian dahi saja.
    Dan ada bekas jarawat di pipi.
    Apa gak apa-apa, kalo untuk dahi saya pakai medi klin ungu, dan untuk di pipi saya pakai melanox cream?
    Makasi sbelumnya

    • March 24, 2014 at 6:37 pm

      Untuk jerawat coba gunakan medi-klin diolesnya pada area yg berjerawat saja yaa.
      Kalau melanox itu kan fungisnya utk menyamarkan bekas noda hitam, gpp kok digunakan pd tempat berbeda.

  74. bagus
    March 18, 2014 at 11:25 am

    mau nanya nih gan setelah pakai mediklin yg orange kulit saya jadi kering terus muncul seperti nanah gitu itu harus di pencet ga ? atau di diemin aja ?

    • March 24, 2014 at 6:51 pm

      Itu muncul nanah nya setelah berapa kali pakai medi-klin gan?
      Setelah gunakan medi-klin atau sebelum pakai medi-klin. Andai saja, sebelum nanahnya makin membesar, jika kulit muka ada terasa sakit akan muncul jerawat, sebaiknya olesin medi-klin tipis-tipis, utk menghindari jerawatnya membesar.

  75. April 20, 2014 at 5:43 am

    Mas,saya mau nanya ni.jika jerawat kayak nomor 2 itu bagusnya pake yang warna ungu atau yang orange ya?terus mediklin ini aman gak untuk remaja usia 14 tahun? Thx

    • June 6, 2014 at 3:46 pm

      Bedanya kalau yg orange/ungu itu hanya kandunganya aja, yang ungu memang lbh mahal sedikit krn kandunganya dpt mempercepat penyembuhan luka jika jrawat berdarah/dipencet.

  76. dheya
    April 26, 2014 at 9:13 am

    mas klw buat ngolangin jerawat kecil kecil itu sebaiknya pakek ɑɑpaª??

    • June 6, 2014 at 3:47 pm

      Kalau jerawat kecil2 sih saya blm pernah cobain untuk dioleh pake mediklin, krn jika dioles pd jerawat kecil2, khawatir akan terkena kulit2 yg lain. Jika mau menggunakan mediklin hati2 aja pakainya.

  77. sandy
    May 16, 2014 at 8:22 am

    Mas,medi-klin ungu nya bisa buat ngilangin jerawat di punggung ga yah?banyak banget tumbuh didaerah punggung ,skrg udah merambat ke depan malah,bahaya ga ya kalo dipake dibadan?

    • June 6, 2014 at 3:49 pm

      Kalau jerawat sudah banyak tumbuh di punggung begitu, lebih baik ke dokter saja mas.
      Khawatir jika dioles dlm jumlah byk gtu, nnti kulitnya bs kering.

  78. hairul
    May 19, 2014 at 10:20 am

    mau nanya , kan dipakai sebelum tidur , jadi pada saat mau tidur itu dibiarin aja yah medi klin nya tetap nempel sampai pagi ?

    • June 6, 2014 at 3:50 pm

      Iya, kalau saya sih menggunakanya jika mau tidur malam hari saja, dam dibiarkan kering diwajah. Bangun tidur langsung cucimuka saja.

  79. June 16, 2014 at 3:57 pm

    Trimakasih atas review ttang mediklin nya ya :D. skg saya sdg awal proses utk menyembuhkan jerawat saya dg memakai mediklin yg warna ungu.. jerawat saya sepertinya jerawat batu. & itu sdh terjadi menahun.. smoga cocok & bs hilang dg ini aamiin :D

    • September 3, 2014 at 11:41 am

      Dicoba saja dulu mba, semoga cocok.
      Cuma jgn trllu banyak2 dulu pakainya ckp di area yg ada jerawatnya aja

  80. June 19, 2014 at 4:34 am

    mas,medi-klin ungu bisa ngilangin jerawat batu dipipi & komedo g?
    truzt klu pemakaianx disertai pkai serum pencerah wajah boleh pa g?

    • September 3, 2014 at 11:43 am

      Kalo komedo sih sprtinya ga bs mba..
      Lebih baik dipakai ketika sedang akan timbul jerawat / ketika sdang berjerawat saja.
      Pakainya klo bs ketika mau tidur saja.

  81. June 20, 2014 at 2:23 am

    lagi kena jerawat akut di pipi kiri T.T
    sudah coba pake bermacam macam sabun muka tetep gak bisa hilang
    kalo sudah kempes, gak berapa lama muncul lagi
    bikin emosi >.<
    nice info kk buat mediklin TR nya!

  82. sita
    June 20, 2014 at 6:40 am

    mas mau tny nih sy kan udh pke mediklin ungu n jerawatnya sdh pd kempes..nah utk hilangkan noda bekas jerawatnya pke melanox cream yg apa.
    melanox kan bnyk jenisnya.tq

  83. June 22, 2014 at 11:03 am

    mas, interaksi obat itu maksudnya apa yah? makasih :)

  84. Ayumi Adelia Syaqira
    June 26, 2014 at 2:31 pm

    mau tanya,
    kalo obat untuk jerawat tapi untuk ibu menyusui apa sist?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 128 other followers

%d bloggers like this: